Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan Penyakit LupusPenyakit Lupus bukanlah penyakit yang baru umumnya bagi penduduk Indonesia, penyakit lupus ini umumnya banyak diderita pada mereka yang tinggal di daerah pendalaman dengan keadaan hidup yang kurang gizi, jaminan kesehatan yang kurang menjangkau untuk daerah-daerah terpencil dan pelayanan kesehatan yang kurang memadai.

Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan Penyakit Lupus

Umumnya penyakit lupus ini banyak mendera pada kaum wanita mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, jika penyakit lupus ini mendera pada anak kecil umumnya disebabkan kurangnya gizi anak saat dalam kandungan, asupan makanan dan vitamin yang kurang, terdapat kelainan pada saraf otak sejak lahir, sistem autoimun yang berlebih. Jika pada orang dewasa umumnya disebabkan oleh faktor hormonal dari salah satu hormon yang dimiliki wanita yakni estrogen, seiring bertambahnya usia seseorang hormon estrogen akan berubah dan mengalami penurunan fungsi, seperti menopause, gangguan menstruasi dsb.

Pemeriksaan Penyakit Lupus

Untuk menentukan atau memastikan seseorang terjangkit penyakit lupus atau tidak, dapat dilakukan suatu pemeriksaan secara intensif sebagai langkah awal pengobatan penyakit lupus seperti :

1. Pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah akan membantu menunjukkan adanya antibodi antinuklear yang mungkin kebanyakan terdapat pada semau penderita lupus. Namun, antibodi ini dapat pula ditemukan pada penyakit lain. Apabila ditemukan antibodi antinuklear maka perlu dilakukan pemeriksaan terhadap DNA rantai ganda.

Pemeriksaan darah ini dilakukan untuk mengukur kadar komplemen (protein yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh) dan untuk menemukan antibodi lainnya yang mungkin terdapat dalam tubuh si penderita lupus. Penentuan pemeriksaan darah ini mungkin perlu dilakukan untuk memperkirakan aktivitas dan lamanya penyakit.

2. Pemeriksaan pada ruam kulit atau lesi yang khas

3. Rontgen dada untuk menunjukkan ada tidaknya gejala pleuritis atau perikarditis

4. Pemeriksaan dada dengan menggunakan bantuan stetoskop untuk menunjukkan adanya gesekan pleura atau jantung.

5. Pemeriksaan dengan mengambil sample air kemih untuk melihat ada tidaknya darah atau protein dalam air kemih tersebut.

6. Menghitung jenis darah untuk menentukan ada tidaknya penurunan beberapa jenis sel darah.

7. Biopsi ginjal

8. Pemeriksaan saraf

Pengobatan Penyakit Lupus yang dapat dilakukan adalah :

Apabila gejala lupus disebabkan karena obat, maka penggunaan obat perlu dihentikan, meskipun perlu waktu berbulan-bulan untuk mendapatkan kesembuhan. Untuk mengatasi ruam kulit yang memerah, sakit kepala, demam, arthritis, pleuritis dan perikarditis hanya memerlukan sedikit pengobatan.

  • Untuk mengobati ruam atau merah disekitar wajah, dokter umumnya hanya memberikan obat penyakit lupus krim kortikosteroid.
  • Untuk mengatasi nyeri sendi dan pleurisi diberikan obat penyakit lupus anti inflamasi (anti peradangan) non steroid.
  • Untuk mengatasi gejala kulit dan arthritis, terkadang dokter akan memberikan obat penyakit lupus anti malaria (hydroxycloroquine).

Ciri seseorang yang menderita lupus umumnya akan mudah sensitif terhadap kulit terutama bila terkena sinar matahari langsung, untuk itu disarankan menggunakan pakaian lengan panjang yang mudah menyerap keringat, menggunakan tabir surya, bila perlu menggunakan kacamata.

Untuk penderita lupus yang mengalami komplikasi dari lupus, seperti anemia hemolitik, penyakit jantung, paru-paru, penyakit ginjal, penyakit saraf dll, awalnya dokter akan memberikan obat berupa penekan sistem kekebalan atau kortikosteroid. Namun, apabila pemberian kortikosteroid tidak memberi respon yang baik, doter akan mengganti dengan obat sitotoksik.

Namun, beberapa hal yang perlu diingat adalah jenis obat penyakit lupus medis yang diberikan dokter, memiliki kemungkinan besar penyakit lupus akan kambuh kembali. Mungkin beberapa penderita lupus usai melaksanakan pengobatan akan menyebabkan kekambuhan sama juga seperti penyebab sensitif terhadap sinar matahari atau naiknya hipersensitivitas atau reaksi-reaksi semacam alergi.

Pengobatan Penyakit Lupus

Pengobatan penyakit lupus selain dengan menggunakan obat penyakit lupus diatas adalah dengan non farmakologis seperti :

  1. Edukasi
    Pemahaman atau edukasi mengenai penyakit lupus memberikan suatu peranan yang sangat penting karena mengingat penyakit lupus adalah salah satu jenis penyakit kronis. Penderita harus diberitahui mengenai informasi yang cukup tentang manifestasi klinis yang kemungkinan bisa saja terjadi, serta tingkat keparaha dari suatu penyakit yang berbeda-beda pada setiap penderita.
  2. Dukungan sosial dari orang terdekat juga harus dibekali. Di Indonesia sendiri ada 2 organisasi pasien penyakit lupus yakni adalah care for Lupus SD yang terletak di Bandung dan juga Yayasan Lupus Indonesia yang letaknya berada di Jakarta. Mereka melakukan kerjasama untuk melaksanakan kegiatan edukasi pada pasien dan penyuluhan pada masyarakat mengenai penyakit lupus.
  3. Istirahat
    Biasanya pada penderita penyakit lupus kebanyakan mereka mengalami fatigue yang membutuhkan waktu istirahat yang cuup, dan selain itu juga perlu dipikirkan juga mengenai penyebab lainnya seperti hipotiroid, fibromialgia, dan juga depresi yang terjadi.
  4. Tabir surya
    Pada penderita kasus penyakit lipus yang aktivitas dari penyakit bisa mengalami peningkatan setelah terpapar langsung oleh sinar matahari sehingga sangat dianjurkan sekali untuk menghindari paparan langsung dari sinar matahari yang berlebihan dan sebaiknya menggunakan tabir surya dengan SPF lebih dari 30 pada 30-60 menit sebelum mengalami paparan, kemudian diulang tiap 4-6 jam sekali.
  5. Monitor ketat
    Pada penderita penyakit lupus biasanya mereka lebih mudah mengalami infeksi sehingga perlu berhati-hati dan waspada jika demam yang tidak jelas penyebabnya terjadi. Resiko dari infeksi juga akan semakin meningkat seiring dengan pemberian dari obat immunosupresi dan juga jenis obat kortikosteroid.

Pengobatan Penyakit Lupus

Cara Pemesanan Jelly Gamat Obat Penyakit Lupus
Membantu Pengobatan Penyakit Lupus dan Mengurangi Gejalanya

Harga 1 Botol Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus Isi 350 ml = Rp. 265.000,-/botol

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan: SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan : Pesan Jeli Gamat Luxor Obat Penyakit Lupus, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Penyakit Lupus dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Obat Penyakit Lupus and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *